Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Friday, September 21, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Maknai HUT RI ke-73, Ini Refleksi KNPI Mitra

Maknai HUT RI ke-73, Ini Refleksi KNPI Mitra 

ABADIKAN MOMEN: Pengurus DPD KNPI bersama Bupati James Sumendap seusai prosesi pengibaran bendera di Lapangan Ompi Ratahan

ABADIKAN MOMEN: Pengurus DPD KNPI Mitra bersama Bupati James Sumendap seusai prosesi pengibaran bendera di Lapangan Ompi Ratahan

SULUTDAILY, Mitra – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 disadari menjadi refleksi yang menyeluruh ditubuh kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Ini dikemukan Ketua DPD KNPI, Ruland Sandag, seusai mengikuti prosesi pengibaran bendera di Lapangan Ompi Ratahan, Jumat (17/8/2018).

Sandag menuturkan, pentingnya mempertahankan semangat kaum muda Mitra dalam memaknai perjuangan para pejuang terdahulu yang telah membebaskan bangsa ini dari belenggu penjajah.

“Saat ini tugas kita bukan mengangkat senjata lagi. Sebagai mitra kerja pemerintah tentunya menjadi tugas kita mengawal berbagai program strategis. Toh kita akan tetap bersikap kritis menyikapi kebijakan-kebijakan yang tidak selaras dengan haluan negara,” tegas Sandag.

Dirinya mengatakan, adapun orientasi kedepan pengurus KNPI berkaitan dengan program internal hingga mengawal agenda nasional yakni Pemilihan Umum Tahun 2019 mendatang. Dimana KNPI dalam porsinya akan memastikan proses demokrasi melalui saluran Pemilu berjalan pada kadar yang hakikih. “Apalagi berulang kali Pak Bupati kita sampaikan, jangan lukai sistem demokrasi dengan politik uang pada Pemilu 2019 nanti. Bahkan sudah menjadi komitmen beliau untuk memberantas money politic. James Sumendap juga sudah mencontohkan bahkan menjadikan Pilkada Mitra sebagai barometer Pilkada bersih tanpa politik uang,” puji Sandag.

Sandag menambahkan, untuk kedua kalinya Minahasa Tenggara mampu mencontohkan bagaimana bisa menjadi perhatian nasional dengan menghindarkan Pemilu nanti dari campur tangan politik praktis.

“Saya tidak pernah pesimis dengan komitmen Bupati James Sumendap. Karena kita sudah lihat bagaimana beliau benar-benar mempertontonkan pertarungan politik yang terbebas dari politik uang. Bahkan oknum yang mencoba-coba mempertahankan politik kotor, telah menanggung akibatnya,” pungkasnya dengan semangat memaknai HUT Proklamasi RI. (Hengly Langoy)