Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, April 22, 2018
  • JW Digital Printing Cetak Baliho Dengan Harga Rp.30.000/meter..Materi Baliho Kirim di WA:081340733991 ..Design Gratis!!
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Lomba Desa, Tim Evaluasi Sambangi Desa Buku Tengah

Lomba Desa, Tim Evaluasi Sambangi Desa Buku Tengah 

_IMG_000000_000000
SULUTDAILY, Belang – Lomba Desa yang berlangsung di Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diikuti 20 Desa yang ada di wilayah ini. Ajang tersebut berkaitan dengan evaluasi sejauh mana perkembangan desa-desa setempat dalam berbagai aspek.

Seperti halnya, Denal Bataria S.IP, selaku Hukum Tua (Kumtua) Desa Buku Tengah, Kecamatan Belang, mengatakan bahwa, perangkat desa serta para warganya berbangga dapat mengambil bagian untuk berpartisipasi akan perlombaan tersebut. Tentu terlebih dahulu mempersiapkan desanya dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan indikator penilaian oleh Tim Evaluasi perkembangan desa tingkat kecamatan yang dipimpin Camat Belang, Irwan Abdjulu SE.

Denal Bataria, Hukum Tua Desa Buku Tengah

Denal Bataria, Hukum Tua Desa Buku Tengah

“Saya beserta para perangkat desa dan warga turut berbangga, sangat antusias mengikuti lomba tersebut. Karena menjadi bagian penilaian akan sejauh mana kemajuan yang ada di desa ini, agar masyarakat luas pun sekiranya mengetahui indeks pencapaian yang didalamnya tertuang pada aspek administrasi atau data-data mengenai progres perkembangan Desa Buku Tengah. Pembangunan balai Posyandu, Infrastruktur fisik non fisik, Bumdes, meningkatkan kesejahteraan warga serta lainya merupakan komitmen saya selaku Kumtua dalam mengembangkan Desa Buku Tengah,” ujar Denal, Rabu (20/3/2018).

“Tentu saja itu semua bekerjasama dengan Pemkab Mitra lewat bantuan-bantuan yang ada, disalurkan, lalu direalisasikan ke Desa Buku Tengah ini,” tambahnya.

Pada kesempatan Camat Belang, Irwan Abdjulu SE, mengungkapkan pada hari ini Rabu 20 Maret, agenda tim evaluasi telah selasai dengan menyudahi penilaian terhadap 20 desa yang ada di wilayahnya.

“20 desa di Kecamatan Belang sudah rampung dinilai oleh tim evaluasi. Selanjutnya akan diplenokan tingkat kecamatan, lalu dikaji untuk menentukan desa mana yang menjadi pemenang atau juara yang tentunya berdasarkan dengan hasil nilai desa masing-masing,” ungkap Abdjulu.

Sementara untuk indikator penilaiannya terbagi dalam beberapa aspek seperti Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga, Kemasyarakatan, Administrasi, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, merupakan kriteria Tim Evaluasi Perkembangan Desa tingkat kecamatan masing-masing. Selanjutnya pemenang ajang ini akan mewakili Kecamatan Belang untuk mengikuti Lomba Desa tingkat kabupaten Minahasa Tenggara. (Hengly Langoy)