Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Friday, August 17, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » KOWAT Beraksi Wujudkan Netralitas Jurnalism

KOWAT Beraksi Wujudkan Netralitas Jurnalism 

IMG_20180423_075530

SULUTDAILY|| Tomohon – Langkah positif dilakoni sebagian awak media liputan di Kota Tomohon yang bersepakat bergabung dalam aliansi bernama Komunitas Wartawan Tomohon (KOWAT) yang bertujuan untuk mewujudkan fungsi netralitas atas kinerja sebagai pembawa kabar berita.

Terkait hal itu, dalam berbagai persiapannya KOWAT telah berhasil menyusun pedoman dasar organisasi yakni Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sebagai dasar utama payung hukum internal demi menjaga sikap profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Selanjutnya, KOWAT akan melakukan langkah strategis organisasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia, sehingga tidak memberi kesan sebagai ‘Organisasi Liar yang Tidak Taat Hukum’ walau berlindung dalam wadah apapun.

Dibentuknya KOWAT memiliki komitmen penting terhadap nilai perjuangan dunia jurnalis yang lebih mengutamakan kepentingan banyak orang, sehingga mampu menjalankan fungsi perekaman dan penulisan berita tanpa kepentingan sendiri. Apalagi, KOWAT berupaya mewujudkan sistim pemberitaan tanpa pilih kasih alias terbuka bagi nara sumber tanpa melihat kepentingan tertentu.

Berbagai tujuan KOWAT diantaranya Mewujudkan tercapainya Cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan di dalam Undang-undang Dasar 1945,
Mewujudkan kehidupan pers yang bebas, aman, independen dan profesional, dengan komitmen terhadap integritas moral yang tinggi, Terciptanya secara bebas dan bertanggung jawab, dalam pelaksanaan Fungsi, Tugas dan Hak wartawan, untuk memperoleh dan menyebarkan Informasi.

Hal penting lainnya, Melakukan kontrol sosial, serta terjaminnya hak masyarakat untuk memperoleh informasi, yang sesuai dengan pasal 28 Undang-undang Dasar 1945, Memperluas komunikasi, informasi dan sambung rasa, antar sesama wartawan (media cetak dan elektronik) yang bertugas di kota Tomohon, Mempermudah akses bagi instansi/ organisasi/ masyarakat peduli media, untuk menghubungi wartawan (media cetak dan elektronik), serta Menjadi sebuah kekuatan untuk membantu permasalahan yang terjadi dalam jurnalistik, baik dalam pemberitaan, kegiatan maupun dalam memberikan solusi pada permasalahan tersebut. (davyt)