Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Thursday, November 23, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Keterbukaan Informasi, Bupati Sumendap Kukuhkan PPID

Keterbukaan Informasi, Bupati Sumendap Kukuhkan PPID 

_IMG_000000_000000

SULUTDAILY, Ratahan – Keterbukaan informasi menjadi perhatian penting pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra). Ini dinilai penting agar masyarakat mengetahui program-program pemerintah terlebih yang sudah terealisasi dalam pembangunan fisik maupun non fisik.

Hal ini pun dibuktikan Bupati James Sumendap SH dengan mengukuhkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Daerah (PPID) yakni PPID utama dan PPID pembantu, Senin (13/11/2017) di Villa Lamet, Ratahan.

“Hal ini diwajibkan bagi semua instansi dilingkungan Pemkab Mitra. Mengolah data masing-masing dinas/badan kemudian sosialisasikan kepada masyarakat luas,” ungkap Bupati.

Tujuannya lewat PPID ini keterbukaan informasi dapat bermanfaat serta masyarakat bisa mengetahui segala program pemerintah, namun ada hal yang harus dibatasi.

“Keterbukaan informasi ada aturannya, dimana masyarakat berhak mendapatkan informasi terkait kegiatan diinstansi pemerintah. Namun ada satu yang tidak boleh dibeberkan ke masyarakat yakni yang bersifat dokumen rahasia negara. Itu rahasia dan memang tidak boleh dipublikasikan berdasarkan aturan,” jelas Bupati.

Dengan adanya PPID diharapkan dapat memberikan dan menyampaikan informasi langsung kepada masyarakat.

“Semua terbuka agar dapat tersosialisasi dengan baik. Tentu ini menjadi salah satu kerinduan dan harapan saya agar semua yang dilakukan pemerintah daerah dapat diketahui oleh masyarakat Mitra,” kata bupati. (Hengly Langoy)