Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Friday, October 19, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Manado » Jangan Beli! Mie Basah di Manado Mengandung Boraks

Jangan Beli! Mie Basah di Manado Mengandung Boraks 

Jangan Beli! Mie Basah di Manado Mengandung Boraks

boraks dataSULUTDAILY|| Manado-  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jenny Karouw menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai produk pangan mie basah karena ada yang menggunakan bahan berbahaya boraks. ”Terdapat 20 penjual mie basah di Pasar Bersehati, Pasar Karombasan dan sekitar Kota Manado  yang menjual mie mengandung boraks. Kami menghimbau untuk sementara jangan membeli atau menjual produksi mie tersebut,” kata Karouw dalam surat himbauan tertanggal 6 Pebruari 2018.

surat BPOM

surat BPOM

Sebelumnya, BPOM Manado sejak (31/01/2018) telah merilis  temuan pangan mengandung bahan berbahaya di Kota Manado dan sudah mengeluarkan surat agar tidak melakukan pembelian dan penjualan bahan makanan mie tersebut.

20 penjual mie basah di Kota Manado yang menggunakan bahan berbahaya jenis boraks ini beredar di Pasar Bersehati sebanyak 13 penjual dengan produsennya di Perum Liwas, Teling Linkungan I, Tikala Ares, Cempaka Monas. Delapan penjual lainnya berada di Pasar Karombasan, dengan produsennya mie Etty Pasar Karombasan, Mie Steven Karombasan, Mi Roy Kampung Israel, Mie Meiske M Kampung Israel.

Himbauan Pemprov Sulut

Himbauan Pemprov Sulut

Bahaya Boraks
Natrium borat atau lebih sering dikenal borak merupakan salah satu senyawa yang mudah larut dalam air.  Borak pertama kali ditemukan di Tibet, dan mulai umum digunakan diakhir abad ke-19.bahaya boraksBorak adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet. Ia berfungi untuk membunuh kuman. Borak biasanya dipakai untuk membuat campuran deterjen, salep kulit, pengawet kayu.

Borak memiliki kandungan zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Borak yang telah dikonsumsi manusia, makan substansi zat berbahaya akan terserap oleh usus untuk kemudian menumpuk di dalam hati, ginjal, serta testis. Dan akhirnya kadar toksin yang terkumpul di dalam tubuh akan semakin tinggi.

Boraks merupakan bahan beracun bagi manusia, ia bisa diserap oleh tubuh dan disimpan secara kumulatif dalam hati, otak, usus, atau testis yang berdampak dosisnya dalam tubuh semakin lama semakin tinggi. Bila konsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker.

Boraks memiliki efek racun berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Namun, bahan ini memiliki tingkat efek keracunan yang berbeda. Yang pasti adalah bahaya boraks pada makanan bagi kesehatan sangat mematikan.(Jr)