IJTI Sulut Kedepankan Karya dan Integritas Jurnalis

IJTI Sulut Kedepankan Karya dan Integritas Jurnalis

Amanda – Marwan  Pimpin IJTI SULUT Periode 2016-2019

SULUTDAILY|| Manado- Ikatan Jurnalus Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Utara, telah melakukan Musyawarah Daerah ke 3, Jumat (18/11/2016). Kepengurusan terbentuk melalui proses voting dua paket (ketua-sekretaris) yakni Amanda Komaling (metro tv) – Marwan Dias (tv one) dan Amanda Komaling – Jefry Langi (mnc). Namun, Langi tidak bersedia untuk dicalonkan, maka secara aklamasi Pasangan Amanda – Marwan terpilih sebagai pengurus IJTI SULUT Periode 2016-2019.

Musyawarah daerah, dihadiri 20 anggota IJTI Sulut dari berbagai media televisi lokal dan nasional diantaranya, TVRI, Kompas Tv, Metro tv, TV One, RCTI, inews Tv, SCTV, Indosiar, Trans TV dan Cahaya Tv. Presidium pimpinan sidang, Andry Anthoni, Jefry Langi, Marwan Dias Aswan dan Ireine Buyung.

Sebelum pelaksanaan musyawarah daerah digelar. Secara internal, IJTI Sulut melaksanakan workshop mengenai “Tantangan IJTI di era Digital”. Dengan nara sumber Ketua umum IJTI Yadi Hendriana, Komisioner KPID Sulut Susan Palilingan, Ketua IJTI Sulut Amanda Komaling.

Tantangan Jurnalis TV di Era Digital

Tantangan Jurnalis TV di Era Digital

Dalam workshop tersebut, Hendriana mengingatkan pada seluruh pengurus dan anggota IJTI Sulut, karya dan integritas jurnalis harus dapat dipertanggung jawabkan. Apalagi diera banjir informasi diera digital seperti saat ini,  jurnalis diminta mampu menjadi lilin sebagai penerang dalam kegelapan. “Kebenaran Etik, Kebenaran Hukum dan Kebenaran Nurani, merupakan tiga Filosofi dasar Profesi Jurnalis. Media sudah seharusnya menjadi lilin dalam kegelapan dan mengembalikan akal sehat rakyat. Bukan sebagai fasilitator pemecah belah dan kebencian”. kata Hendriana.

Hendriana juga langsung melantik pengurus baru yang terpilih sambil berpesan agar pengurus segera melaksanakan Uji Kompetensi bagi semua anggota dan pengurus, karena jurnalis televisi harus diuji menggunakan metode ujian televisi.

Sementara itu ketua IJTI Sulut terpilih mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi jurnalis televisi memang tidak mudah, karena proses ujian yang memakan waktu 2-3 hari ini serta penguji yang masih terbatas, menjadi salah satu kendala proses ujian belum terlaksana di manado. Meski demikian, Komaling optimis pelaksanaan ujian bisa dilaksanakan pada awal tahun depan 2017 untuk sementara bagi 8 orang jurnalis televisi.(Jr)

Pengurus IJTI Sulut Periode 2016 -2019

Ketua: Amanda Komaling

Wkl Ketua: Junsem Saroingsong

Sekretaris: Marwan Dias Aswan

Wkl Sekretaris: Ireine Buyung

Bendahara: Steven Potabuga.

Kord Bidang Kompetensi: Jefry Langi

Kord Bidang hukum dan advokasi: Andry Anthoni

Kord Bidang Organisasi: Joko Pratowo.

Kord Bidang Hubungan antar Lembaga: Arthur Loupatty.

TAGS
Share This