Hari Ini Konferensi Internasional Jurnalis TV di Surabaya

Hari Ini Konferensi Internasional Jurnalis TV di Surabaya

Sulawesi Utara Utus 16 Jurnalis Tv yang Tergabung dalam IJTI

SULUT DAILY|| Manado- Sekitar lima ratusan jurnalis televisi dari berbagai televisi daerah, nasional dan internasional, hari ini Rabu (30/10/2013) memadati kota pahlawan, Surabaya. Para jurnalis ini akan mengikui konferensi internasional yang akan berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 1 November 2013.

Dalam konferensi ini,   akan di membahas sejumlah permasalahan jurnalis sekaligus akan digelar berbagai  pelatihan guna meningkatkan kompetensi jurnalis televisi menyambut Era Konvergensi Media. Perubahan pesat teknologi dan indistri penyiaran, komitmen jurnalis televisi berdiri tegak di garda terdepan untuk menjaga kepentingan publik, mendapat ujian berat. Tidak dapat dipungkiri beragam kepentingan yang tidak senafas dengan komitmen para jurnalis ini secara langsung atau tidak langsung berusaha menyelinap dalam keseharian kerja para jurnalis.

Yadi Hendriana, Ketua Umum IJTI menjelaskan Jurnalis televisi sebagai bagian dari pilar ke empat demokrasi, harus kembali menegaskan komitmen menjaga independensi, sambil terus meningkatkan profesionalisme dan kompetensi diri. ‘’ Itulah alasannya, dalam konferensi ini para jurnalis juga akan mengikuti sejumlah workshop yang terkait dengan tema tersebut, menghadirkan nara nara sumber yang berkompeten,’’kata Yadi.

Konferensi yang bertajuk ‘ Independensi Jurnalis Televisi’  ini akan dibuka di Gedung Grahadi Surabaya,   oleh Ketua Umum Yadi Hendriana dan di hadiri sejumlah tamu dari berbagai kalangan termasuk Dewan Pers, Pemerintah Pusat juga daerah, dan stekholder terkait seperti KPU, KPI, Panwas, Wakapolri, Wamenkumham.

Sulawesi Utara sendiri, mengirim 16 Jurnalis televisi yang merupakan pengurus dan anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulut. ”Ke 16 utusan jurnalis televisi yang ikut serta nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti uji kompetensi jurnalis televisi yang akan dilaksanakan tahun ini di Manado bersama utusan sejumlah pengurus dan anggota di wilayah timur Indonesia,” kata  tutup Amanda Komaling, Ketua IJTI Sulut yang juga Kordinator wilayah timur Pengurus Pusat IJT. (JbR)

Hari Ini Konferensi Internasional Jurnalis TV di Surabaya

TAGS
Share This