Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Saturday, November 17, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Totabuan » Gubernur Olly Dondokambey Hadiri Acara Penobatan Adat Kidoni Pangulu dan Apango Kidoni Pangulu di Bolmut

Gubernur Olly Dondokambey Hadiri Acara Penobatan Adat Kidoni Pangulu dan Apango Kidoni Pangulu di Bolmut 

IMG_20181016_145413

SULUTDAILY, BOLMUT – Bupati Drs. H. Depri Pontoh dan Wakil Bupati Drs. Amin Lasena dinobatkan sebagai Kidoni Pangulu dan Apango Kidoni Pangulu di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Penobatan bupati dan wakil bupati sebagai pimpinan kerajaan disebut kipangulu (Raja,red) merupakan adat istiadat leluhur yang dipelihara oleh nenek moyang semasa kerajaan Mokapog berdiri. Kerajaan besar yang berdiri diselatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melahirkan dua kerajaan suapraja yakni kerajaan Kaidipang Besar dan Kerajaan Bintauna.

Adat sakral yang dilangsungkan dirumah Komalig R.S Pontoh yang merupakan rumah kerajaan besar para raja dihadiri oleh para pejabata penting baik di Propinsi Sulawesi Utara dan Propinsi Gorontalo. “ Alhamdulilah, acara penobatan bupati sebagai kidoni pangulu dan wakil bupati apango kidoni pangulu telah selesai dan berjalan sukses. Terimakasih kepada seluruh stekholder yang turut membantu hingga suksesnya acara, “ Tutur Kepala Bagian Humas dan Protokol setda Bolmut Kristanto Nani, Selasa (16/10).

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh mengatakan selamat datang dan terimakasih atas syukur yang banyak kepada gubernur sulawesi utara Olly Dondokambey, SE dan wakil gubernur atas sulawesi utara kunjungannya ke Bolmut.

“ Terimakasih atas kunjungan bapak gubernur bersama rombongan pemerintah sulawesi utara dalam acara penobatan adat kepada bupati dan wakil bupati sebagaimana konsistensi aliansi adat bolmut,” Ujar Pontoh dalam sambutan resminya dihadapan masyarakat bolmut.

Gubernur sulawesi utara Olly Dondokambey dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas pemberian gelar adat kepada gubernur dan wakil gubernur sulawesi utara sebagai kidoni kiombu pagulu dan apango kidoni pangulu sulawesi utara.

“ Terimakasih banyak kepada aliasi adat yang telah memberikan kami gelar adat sebagai kidoni kiombu pangulu dan apngo kidoni kiombu pangulu. Dari 15 kabupaten kota sepropinsi sulawesi utara hanya dua daerah kabupaten/kota yang memberikan kami gelar adat diantaranya Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, “ Ungkap Dondokambey.

Dalam sambutannya pula, Dondokambey berjanji akan membantu secara full atas pembangunan infrastruktur daerah dan kesejahteraan masyarakat bolmut pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. “ Hari ini saya membawah kepala dinas pertanian, kepala dinas kehutanan dan kepala dinas pekerjaan umum. Silahkan berkoordinasi yang masih akan dibutuhkan dan pastinya saya akan bantu. Dan pastinya saya berharap masyarakat bolmut dapat memelihara adat istiadat, budaya yang menjadi warisan leluhur serta dapat meningkatkan UKM agar pengembangan dunia pariwisata yang ada di kota Manado dapat diteruskan ke wilayah Bolaang Mongondow Utara kedepannya, “ Pungkasnya.

Pantauan sulutdaily.com dalam acara penobatan adat tersebut turut dihadiri oleh gubernur gorontalo yang diwakili, bupati buol yang diwakili, bupati minsel, wakil walikota kotamobagu, unsur forkopindo sulawesi utara, unsur forkopindo propinsi gorontalo, unsur forkopindo bolmut, sekda bolmut, pimpinan SKPD, camat dan sangadi. (ricky)