Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Saturday, November 17, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Tomohon » Dibuka JFE, BKD Gelar Diklat e-Planning dan e-Budgeting

Dibuka JFE, BKD Gelar Diklat e-Planning dan e-Budgeting 

IMG_20181108_135918

SULUTDAILY|| Kalawat – Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Sistem Informasi E-Planning dan E-Budgeting dan dibuka Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak, (7/11/2018), di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, harapan akan pelaksanaan pembangunan daerah Kota Tomohon yang efektif tidak lepas dari perencanaan pembangunan daerah serta penganggaran yang baik. Ini ditandai dengan minimnya kesalahan yang terjadi, baik dari perencanaanya maupun dalam penganggarannya.

“Menjawab tantangan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi dibutuhkan suatu sistem aplikasi terintegrasi dalam proses perencanaan pembangunan dan penganggaran. Aplikasi tersebut juga merupakan jawaban atas amanat Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,” ujar JFE.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Tomohon bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP) melakukan inovasi dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan dan proses penganggaran di Kota Tomohon. Dengan diterapkannya aplikasi berbasis komputer E-Planning dan E-Budgeting dapat memberi manfaat besar dalam sistem pembangunan daerah di Kota Tomohon.

Penggunaan aplikasi berbasis komputer E-Planning dan E-Budgeting yang juga merupakan salah satu rencana aksi pemerintah Kota Tomohon kepada KPK melalui unit koordinasi dan supervisi pencegahan(KORSUPGAH). Pemerintah Kota Tomohon dalam hal ini didorong serta diberi dukungan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Dengan adanya penerapan sistem aplikasi yang baru, tentunya perlu diikuti dengan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, sehingga pelaksanaan bimbingan teknis penyusunan E-Planning dan E-Budgeting saat ini menjadi salah satu upaya pemerintah Kota Tomohon untuk peningkatan kapasitas sumber daya aparatur.

Tampak hadir para narasumber Auditor Ahli Madya Yoannes Tukijan SE, Auditor Ahli Pertama Henricus Bayu Hendrawan SST, Asisten Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Corry Caroles, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi, serta para peserta bimtek. (davyt)