Deadline 2 Mei, KPU Nantikan LPPDK Parpol

Deadline 2 Mei, KPU Nantikan LPPDK Parpol

SULUTDAILY|| Manado- Delapan hari setelah Pemungutan Suara yakni hari ini Kamis (25/04/2019) merupakan hari terakhir pembukuan dana kampanye. Mulai besok, Jumat (26/04/2019) sampai 2 Mei 2019, Parpol wajib memasukan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye(LPPDK) ke KPU Provinsi.

Meidy Tinangon dan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda

Komisioner KPU Provinsi Sulut Meidy Tinangon mengatakan untuk DPD mulai 26 Apr -01 Mei menyampaikan ke KPU Provinsi dan untuk Parpol Kab / Kota 26 Apr -01 Mei menyampaikan ke KPU Kabupaten/Kota. ” Kami melayani wajib LPPDK mulai pukul 08.00-18.00 WITA,” kata Meidy sambil menginformasikan KPU Sulut sudah menyurat kepada Parpol dan Calon DPD RI Dapil Sulut.

Terkait LPPDK Pilpres, Tim Kampanye Pilpres Kabupaten/ Kota tidak menyampaikan LPPDK ke KPU Kabupaten tetapi mengumpulkan LPPDK kepada Tim Kampanye Provinsi. Sama halnya dengan Tim Kampanye Pilpres tingkat Provinsi hanya menyerahkan kepada Tim Kampanye Nasional / BPN, Nanti TK nasional yang memasukan LPPDK kepada KAP di KPU RI paling lambat tgl 2 Mei,”jelas Meidy.

Menurut Meidy, penyampaian LPPDK sangat penting karena bisa kena sanksi di diskualifikasi.”Sanksinya sangat berat karena peserta Pemilu dapat berpotensi didiskualifikasi jika tidak laporkan LPPDK” kata Meidy.

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda telah mengingatkan bahwa selain fokus pada pengawasan pemungutan dan perhitungan suara di TPS, Bawaslu juga mewarning Parpol dan DPD untuk serius mempersiapkan laporan LPPDK. ” Kami akan serius mengawasi Parpol dan Calon DPD yang tidak menyerahkan LPPDK hingga waktu deadline yang ditentukan,” kata Malonda. ( Jr)

CATEGORIES
TAGS
Share This