Danlanud Sam Ratulangi: Bijak dan Optimis Hadapi Covid-19 dan Medsos

Danlanud Sam Ratulangi: Bijak dan Optimis Hadapi Covid-19 dan Medsos

SULUTDAILY|| Manado- Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk menyimpulkan tentang dua hal penting yang perlu disikapi dengan bijak dan optimis saat ini yakni Covid-19 dan Medsos.

” Saya berharap seluruh prajurit Lanud Sam Ratulangi beserta keluarganya bersikap bijak serta menghindari pesimisme menghadapi situasi dalam melawan covid-19,” kata Kolonel Pnb Abram Tumanduk di Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi Manado Sulut dalam jam Komandan, Kamis (19/11/2020).

Foto by Serda Ridwan.

Menurut Danlanud, Negara Indonesia termasuk dalam barisan negara dengan jumlah penduduk terbanyak didunia. Jumlah dampak covid-19 jika ditilik dari angka memang termasuk tinggi.

“Namun jika prosentase dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, Indonesia termasuk negara yang cukup berhasil menangani masalah covid-19.
Tetap pertahankan motivasi kita untuk mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah pandemi covid-19. Sebab itu hindari sikap yang terfokus pada angka-angka yang bisa mengakibatkan kita pesimis. Tetaplah optimis!”, katanya meyakinkan seluruh anggota.

Penekanan yang kedua, yang disampaikan Danlanud adalah penggunaan sosial media. Medsos adalah milik pribadi namun saat di sharing, bukan lagi milik pribadi, namun menjadi konsumsi publik.

“Ingat! Seluruh prajurit terikat dan berjanji bersumpah untuk menaati semua aturan yang melekat sebagai prajurit TNI. Apa yang disharing bisa berdampak luas jika tidak sejalan kebijakan negara. Sebab, sebagai anggota TNI, kita merupakan representasi Tentara Nasional Indonesia, dimanapun kita pergi dan berada. Bijaklah menggunakan media sosial”, ujarnya mengingatkan.

“Ada istilah, mulutmu harimaumu, namun saat ini, jarimu adalah harimaumu! Sehingga berhati-hati lah dengan meneruskan info apapun melalui media sosial”, tegasnya.

Tak kalah penting, Danlanud menggarisbawahi tentang kepedulian atasan terhadap bawahan, kepedulian sesama anggota/rekan sekerja. “Saling mengingatkan sebagai satu keluarga besar Lanud Sam Ratulangi. Apabila ada yang mulai kelihatan nya menyimpang dari jalurnya, agar diingatkan sebagai sesama saudara, Adik-Kakak. Prinsip kekeluargaan kita junjung tinggi”, tandas Kolonel Pnb Abram Tumanduk lulusan AAU 1997.

Kapentak Lanud Sam Ratulangi Mayor Sus Michiko Moningkey mengatakan acara ‘Jam Komandan’ ini diadakan secara khusus untuk mengingatkan jati diri kita sebagai Prajurit TNI, dan selanjutnya disampaikan kepada seluruh prajurit Lanud Sam Ratulangi.

” Pada akhir kegiatan, telah disampaikan pula pembekalan Wawasan Kebangsaan agar prajurit Lanud Sam Ratulangi bisa lebih memiliki wawasan tentang kebangsaan. Tidak lupa, Danlanud Sam Ratulangi mengecek kesiapan kekuatannya dan mengingatkan sikap Netralitas menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah Sulawesi Utara dan beberapa Kabupaten/Kota yang akan digelar 9 Desember 2020,” ujarnya. (**/Jr)

CATEGORIES
TAGS
Share This