Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Monday, July 16, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Totabuan » Bimtek ‘Tungsura ‘ KPU Bolmong

Bimtek ‘Tungsura ‘ KPU Bolmong 

Bimtek  'Tungsura ' KPU Bolmong

SULUTDAILY||Lolak- Pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Tahun 2017 tinggal hitungan hari. Guna memantapkan penguasaan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) atas Tungsura (Pemungutan, Penghitungan dan  Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara), KPU Kabupaten Bolaang Mongondow bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Tungsura kepada KPPS se-Kecamatan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Acara ini dilaksanakan selama tiga hari dengan membagi 3 zona wilayah. Zona 1 (2/2-2017) : Kecamatan Poigar, Bolaang, Bolaang Timur, Lolak dan Sangtombolang. Zona 2 (3/2-2017) : Kecamatan Dumoga Bersatu. Zona 3 (4/2-2017) : Kecamatan Bilalang, Passi Barat, Passi Timur dan Lolayan.

Ketua KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Fahmi Gobel, menyatakan bahwa bimtek kepada KPPS ini dalam rangka memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab KPPS mulai dari persiapan TPS, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dan penyampaian hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 15 Februari 2017.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Bolaang Mongondow, Rully Halaa menekankan agar seluruh KPPS memahami dan mendalami buku panduan KPPS yang telah disediakan dan diberikan kepada anggota KPPS.

“Buku panduan KPPS ini akan memberikan tuntunan secara teknis tentang tugas-tugas masing-masing anggota KPPS. Seluruh anggota PPK, PPS, dan KPPS harus memahami pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan memahami tata cara pengisian formulir Model C, C1 dan lampirannya sehingga diharapkan seluruh proses yang dilaksanakan di TPS dapat berjalan dengan lancar dan seluruh administrasi di TPS dapat dipertanggunjawabkan kepada seluruh pihak terkait dan pada saat pelaksanaan rekapitulasi ditingkat PPK,” jelas Rully.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan simulasi tata cara pengisian model C, C1 dan lampirannya.(Jr/KPU-B)