Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Wednesday, December 12, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Politik » Berantas Politik Dinasti Secara Sistemik

Berantas Politik Dinasti Secara Sistemik 

Pemberantasan Politik Dinasti Harus Secara sistemik

SULUT DAILY|| Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Thohari menilai keberadaan praktek politik dinasti di Indonesia dewasa ini terjadi karena tidak adanya aturan formal yang mengatur keberadaan politik dinasti.  “Pencegahan dan pemberantasan politik dinasti itu harus dilakukan secara sistemik, artinya harus dituangkan dalam peraturan perundang-undangan,” ujar Hajriyanto di Kampus UI Depok, Kamis (17/10/2013).

Hajriyanto menyebut, selama ini proses pengawasan dan pembatasan praktek polisi dinasti hanya diserahkan kepada landasan etik terkait kepatutan dan kepantasan.

Namun yang terjadi adalah politik dinasti justru berkembang dan terus eksis dalam kehidupan politik di Indonesia.Menurut Hajriyanto, fakta tersebut sudah cukup menjadi alasan untuk menuangkan aturan formal terkait keberadaan politik dinasti. “Jangan hanya diserahkan kepada itikad baik, karena terbukti ketika diserahkan pada itikad baik orang perorang ternyata kecenderungannya pengabaian terhadap nilai-nilai kepatutan itu sendiri sehingga politik dinasti berkembang,” tandasnya.(tribunnews/JbR)

Berantas Politik Dinasti Secara Sistemik