Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Friday, July 28, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Politik » Belum Ada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Berhasil dan Sukses

Belum Ada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Berhasil dan Sukses 

Belum Ada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Berhasil dan Sukses

SULUTDAILY|| Manado- Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Christiano Talumepa mengakui bahwa selama ini belum ada UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM yang berhasil dan sukses. ” Harus di akui bahwa belum ada UMKM yang dibina dari nol kemudian berhasil dan sukses ,”kata Talumepa menjawab pertanyaan kritis Anggota Komisi II Teddy Kumaat dalam rapat Komisi II dan jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Sulut  Selasa (30/05/2017) di DPRD Provinsi Sulut -Sario Manado.

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi II Cindy  Wurangian ini membahas tentang Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)dan Wirausaha Pemula, sebagai followup dari kunjungan komosi II ke Kementerian Koperasi dan UMKM beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu Wurangian mempertanyakan kepada Kepala Dinas sudah sejauh mana  perekrutan wirausaha pemula.

Dijelaskan Kadis Talumepa bahwa Pemerintah terus mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai program. Baru-baru ini Kementerian Koperasi dan UKM juga me-launching kartu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).  Untuk Program Wirausaha Pemula (WP) akan diberlakukan dengan pola e-Proposal, dimana semua pengajuan WP melalui website”Saat ini sudah terdapat 120 proposal yang dikirim dan pada Jumat 2 Juni 2017 nanti akan dilatih 400 Wirausaha Pemula,” kata Talumepa.

Anggota Komisi II dr Ivone Bentelu mengatakan bahwa program ini sangat tepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. ” Saya berharap program ini akan tepat sasaran. Para wirausaha pemula ini selain diberi bantuan modal juga harus dibekali dengan pelatihan  yang berjenjang, sehingga bisa berhasil dan sukses.” kata Bentelu. (Jr)