Bawaslu Sulut Temukan Banyak Pelanggaran, Manado jadi Perhatian Khusus

SULUTDAILY|| Manado- Pelaksanaan proses Pemilihan dan Penghitungan suara di TPS untuk Kota Manado telah menjadi perhatian khusus bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Sulut.

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengatakan dari laporan pelanggaran yang masuk ke Bawaslu, memang paling banyak dari Kota Manado.”Untuk Manado kami perlu menanganinya secara khusus,” kata Herwyn saat diwawancara wartawan di sela-sela kunjungan monitoring bersama dengan KPU Sulut, Rabu (17/04/2019).

Menurut Herwyn sejumlah masalah itu yakni logistik terlambat tiba di TPS. ” Banyak logistik yang terlambat dan rata-rata pemungutan suara di mulai 09.00 pagi, yang seharusnya sejak pukul 07.00,” ujarnya

Di Manado juga ada beberapa kasus surat suara tertukar antar dapil, kemudian surat suara kurang dan ada yang kelebihan. ” Distribusi kertas suara tidak berjalan baik. Ada yang TPS yang kekurangan kertas suara, namun di TPS lain berlebihan ,” kata dia.

Ditemukan juga KPPS yang melakukan kesalahan teknis pemungutan suara. Menggunakan formulir A-5 atau pindah memilih dan terlanjur menggunakan hak suara dengan 5 kertas suara . Mestinya ada batasan kertas suara yang digunakan.

“indikasi pelanggaran seperti ini bisa berpotensi dilakukan PSU (Pemungutan Suara Ulang),” ungkap Herwyn.

Disinyalir ada dua kemungkinan penyebab pelanggaran tersebut yakni KPPS tidak mendengarkan arahan saat bimtek atau PPK salah memberikan materi.

Dikatakan Herwyn, ada pula kasus yang bisa berimpilkasi pidana pemilu, karena kelalaian atau kesengajaan hingga menghilangkan hak pilih orang lain. Jika kasus ini benar bisa masuk kategori pemilu susulan. ( Jr)

CATEGORIES
TAGS
Share This