Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, May 27, 2018
  • JW Digital Printing Cetak Baliho Dengan Harga Rp.30.000/meter..Materi Baliho Kirim di WA:081340733991 ..Design Gratis!!
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Tomohon » Ass Ops Panglima TNI: Simulasi Bencana Gunung Berapi, Wajib Hasilkan Protap

Ass Ops Panglima TNI: Simulasi Bencana Gunung Berapi, Wajib Hasilkan Protap 

Ass Ops Panglima TNI Simulasi Bencana Gunung Berapi, Wajib Hasilkan Protap

SULUTDAILY|| Tomohon – Asisten Operasi (Ass Ops) Panglima TNI Mayjen TNI Lodewik Pusung ketika membawakan sambutan menyatakan bahwa simulasi bencana erupsi Gunung Berapi wajib menghasilkan Prosedur Tetap (Protap) yang menjadi pedoman jika bencana itu datang.

Hal ini ditegaskannya saat menghadiri latihan gabungan antara TNI, Kepolisian, BPBD, Damkar, Polisi Pamong Praja, serta stakeholders lainnya termasuk masyarakat resiko terdampak bencana di Stadion Parasamya Walian Tomohon pada (28/11/2017).

“Latihan ini sudah dilakukan dengan baik, namun harus beharap supaya Gunung Lokon tidak meletus. Namun demikian latihan ini penting dalam mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan latihan, maka langkah antisipasi dapat dilakukan dengan baik dan tentu saja latihan ini wajib dipahami semua pihak,” ujar Pusung.

Terkait hal itu, maka latihan ini dapat disusun dalam prosedur tetap (protap) untuk disosialisasikan pada masyarakat yang kemungkinan terdampak, sehingga menjadi acuan bagi antisipasi jika terjadi perisriwa ini.

Dalam prigram simulasi bertemakan Korps TNI Wilayah Kodam XIII/MDK membantu Pemda Sulut dan Gorontalo dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana alam erupsi gunung berapi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, Wakil Walikota Tomohon kesempatan itu
mengapresiasi pihak TNI yang sudah memilih Kota Tomohon untuk dijadikan lokasi latihan.

“Kami Pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI karena sudah menyelenggarakan aksi tersebut, hal ini memberi dampak positif bagi masyarakat Kota Tomohon sehingga ketika ada bencana erupsi gunung lokon, masyarakat sudah mengerti dalam meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan”, ungkap Sompotan didampingi Sekot Ir Harold Lolowang MSc bersama instansi terkait.

Hadir dalam latihan ini, jajaran TNI Kodak XIII Merdeka, Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SH. (davyt)