Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Saturday, July 21, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Nasional » Aneka Kegiatan Meriahkan HUT RI di Perbatasan

Aneka Kegiatan Meriahkan HUT RI di Perbatasan 

HUT RI di Perbatasan

SULUT DAILY|| Kupang- Perayaan HUT Kemerdekaan ke-68 RI di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste dimeriahkan dengan aneka kegiatan. “Jelang puncak HUT ke-68 Kemerdekaan RI ada kegiatan di tingkat kabupaten seperti lomba gerak jalan sejauh 10 KM, 25 KM dan 45 KM antarkelompok pemuda dan pelajar serta masyarakat umum,” kata Wakil Bupati Belu, Ludovikus Taolin .

Menurut Taolin, kegiatan jelang HUT Proklamasi semakin meriah, karena warga Indonesia Baru (eks Timor-Timur) yang saat ini bermukim di Kabupaten Belu, ikut ambil bagian dalam perlombaan dan pertunjukan, sebagai wujud kecintaan mereka atas Merah-Putih yang sudah ditunjukkan sejak 1999 pascaeksodus.”Ini sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Perbatasan Indoensia-Timor Leste, warga eks Timtim yang justru proaktif terlibat dalam setiap kegiatan berupa perlombaan dan atraksi lain,” katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Belu ini mengatakan, sikap proaktif warga eks Timtim itu dinyatakan secara ikhlas dan tulus, sehingga berbagai kegiatan lomba benar-benar meriah sehingga terkesan masyarakat setempat seakan berada pada era 1945 menjelang para pendiri Bangsa Indonesia akan membacakan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Menurut Wabup Taolin, cara lain untuk mengenang jasa para pahlawan itu, sepekan sebelum puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, sekitar 99 persen warga umumnya terutama yang tinggal dan menetap di perbatasan sudah mengibarkan Bendera Merah-Putih, lambang kebanggaan Negara dan Bangsa Indonesia. “Ini tidak ada perintah dan tidak ada juga instruksi, tetapi sudah dengan sendirnya masyarakat akan menaikkan Sang Saka Merah Putih di setiap halaman rumah warga terasuk warga eks Timtim,” katanya.

Kegiatan dan perayaan HUT Kemerdekaan RI seperti ini harus dan akan terus digelar untuk memberikan pendidikan kepada generasi muda tentang makna kemerdekaan. “Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia termasuk di Kabupaten Belu agar jangan sekali-kali melupakan sejarah perjuangan kemerdekaan,” katanya.(antara/jbr)

[sam id=”1″ codes=”true”]