Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Thursday, November 23, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » 36 Anggota Panwascam Mitra Ikut Bimtek Bawaslu Sulut

36 Anggota Panwascam Mitra Ikut Bimtek Bawaslu Sulut 

_IMG_000000_000000

SULUTDAILY, Ratahan – Diawali pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Jobby Longkutoy, 36 anggota Panwascam se-Mitra langsung dibekali dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Bawaslu Sulut, beberapa hari lalu di Green Garden Ratahan.

Materinya berkaitan dengan divisi SDM, serta menegaskan masalah jati diri dan integritas Panwascam sebagai pengawal demokrasi.

Sementara menurut Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, sebagai bagian dari Bawaslu, Panwascam harus bekerja penuh waktu, bertanggungjawab serta berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Tugas kalian (Panwascam) cukup berat, integritas harus dijaga. Sudah ada batasan-batasan, sebab tugas kerja kita selalu berhadapan dengan begitu banyak mata. Benar tidaknya yang kita lakukan, kita tetap tidak akan disukai,” kata Herwyn.

Beratnya tugas sebagai penegak demokrasi, Malonda pun memberikan kesempatan kepada 36 personil Panwascam untuk mengundurkan diri jika tidak bersedia bekerja sepenuh waktu dalam mengawasi seluruh tahapan baik pemilu maupun pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Kalau ada yang tidak siap menjadi Panwascam, silahkan menyampaikan pengunduran dirinya,” tegas Malonda.

Selanjutnya Komisioner Bawaslu Sulut Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Mustarin Humagi SH, membawakan materi tentang potensi pelanggaran pemilu dan proses penanganan pelanggaran dalam tahapan Pilkada 2018, Pilcaleg dan Pilpres 2019.

“Tugas kita cukup berat dengan adanya undang-undang nomor 7 tahun 2017. Karena itu, kapasitas harus diutamakan, perbanyak pengetahuan perundang-undangan hingga menjadi satu kekuatan,” jelasnya.

Selain itu, komisioner Panwaslu Mitra Dolly Van Gobel, membawakan materi tentang pengawasan serta secara tegas meminta para Panwascam untuk bekerja maksimal dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu pada tahun 2018 dan 2018 nanti.

“Bukan hanya mengawasi, Panwascam juga punya kewajiban melakukan pencegahan. Jalankan tugas kalian dengan berdedikasi dan tanggung jawab, terlebih membuat laporan-laporan pengawasan di masing-masing divisi serta melakukan kajian dan analisa dalam sebuah laporan dugaan pelanggaran,” pesan Van Gobel. (Hengly Langoy)